BERITA RIAU, KAMPAR - Persiapan yang dilakukan selama beberapa pekan terakhir membuahkan hasil. Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Kampar ke 66 berlangsung sukses. Seluruh kegiatan berjalan sesuai dengan rencana.

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Kampar
Upacara HUT Kabupaten Kampar Ke 66 di Kantor Bupati Kampar
Puncak peringatan Hari Jadi Kampar diawali dengan pelaksanaan upacara pengibaran bendera yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Bupati Kampar, Sabtu (6/2). Bertindak sebagai Pembina Upacara Bupati Kampar H Jefry Noer SH, Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri SAg sebagai Pembaca Visi Kabupaten Kampar dan Kepala BPBD Kampar Drs Santoso MPd sebagai pembaca Misi Kabupaten Kampar.

Upacara dimulai pukul 08.00WIB. Para peserta upacara terdiri dari para unsur Fokopimda Kampar, dan sejumlah undangan, pejabat eselon II, III dan IV, staf dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemkab Kampar, para pelajar dan guru, mahasiswa, pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), para anggota Dubalang Kampar, pengurus Organisasi Wanita Kabupaten Kampar, personil TNI dan Polri. Tampak hadir Ketua TP PKK Hj Eva Yuliana Jefry, Sekda Kampar Drs H Zulfan Hamid serta sejumlah pejabat Pemkab lainnya.

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Kampar
Usai pelaksanaan upacara, Bupati dan rombongan menyerahkan hadiah kepada para peserta lomba bersempena Hari Jadi Kampar.  Setelah selesai penyerahan hadiah lomba, dan break beberapa menit,  rombongan melanjutkan acara ke Kantor DPRD Kampar. Di ruang sidang DPRD Kampar yang telah dihias sedemikian rupa, hadir ratusan orang untuk mengikuti jalannya sidang paripurna istimewa DPRD Kampar.

Sidang paripurna DPRD Kampar dipimpin oleh Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri SAg didampingi para unsur pimpinan DPRD Kampar. Sidang dihadiri oleh Plt Gubernur Riau (Gubri) Ir H Arsyadjuliandi Rachman, Bupati Kampar H Jefry Noer SH, Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj Eva Yuliana Jefry, Ketua TP PKK Provinsi Riau Ny Hj Sisilita Arsyadjuliandi, Sekda Kampar Drs H Zulfan Hamid, Direktur PDAM Tirta Kampar Muhammad Rusdi SE selaku pembaca Sejarah Terbentuknya Kabupaten Kampar, Anggota DPRD Riau asal Kampar, para anggota DPRD Kampar, para pejabat dan mantan pejabat Kampar, ninik mamak dan tokoh masyarakat, serta sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Kampar
Suasana Sidang Paripurna Istimewa Dalam Rangka
Hari Jadi Kabupaten Kampar Ke 66 Tahun
Untuk memeriahkan suasana, sebelum dan sesudah sidang paripurna tampil grup rebana yang memainkan lagu-lagu qasidah. Menjelang siang, sidang paripurna istimewa selesai dilaksanakan, rombongan bergerak ke Balai Adat Kabupaten Kampar. Disana, Plt Gubri dan Bupati Kampar beserta rombongan makan bajambau. Sebelum makan bajambau dimulai, para ninik mamak terlebih dahulu melakukan tradisi Basiacuong, sebagai kata sambutan untuk mempersilakan tamu yang hadir untuk menikmati makan siang yang telah disediakan. Basiacuong juga kembali dilakukan usai makan bajambau sebagai tanda melepas tamu yang telah selesai makan.

Setelah berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan, para tetamu yang hadir saling bersalaman, berbincang ringan dan mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Kampar ke 66. Pada Sabtu malam (6/2) dilaksanakan pula Tabligh Akbar di Lapangan Merdeka Jalan Prof M Yamin Bangkinang Kota.(ADV)
Sebelumnya berbagai kegiatan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kampar ke 66. Kegiatan dalam rangka Hari Jadi Kampar tersebut digelar mulai dari berbagai Kecamatan hingga ke tingkat Kabupaten Kampar.

Untuk tingkat Kabupaten, salah satu acara yang digelar yaitu Hiburan Rakyat yang dipusatkan di Lapangan Pelajar Jalan Ahmad Yani Bangkinang Kota, Kamis (4/2). Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar H Nasrul MPd mewakili Bupati Kampar H Jefry Noer SH.

Nasrul yang membacakan sambutan Bupati Kampar mengatakan hiburan rakyat ini merupakan tradisi Kabupaten Kampar yang harus dibina dan disetarikan sehingga bisa dikenal, dicintai dan dikembangkan oleh semua kalangan. Terselenggaranya hiburan rakyat ini karena adanya perhatian dan kesungguhan serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

Nasrul mengajak seluruh masyarakat untuk menggali, mengangkat dan mengembangkan kesenian tradisi yang masih hidup di tengah-tengah masyarakat. Ke depan, pelaksanaan hiburan rakyat ini dapat ditingkatkan lagi sehingga nantinya kegiatan ini dapat menjadi salah satu icon budaya dalam event budaya di Kabupaten Kampar. Untuk itu ada beberapa langkah agar dapat terealisasi harapan tersebut yakni memperluas jangkauan pembinaan kesenian di seluruh wilayah di Kabupaten Kampar serta tampil pada setiap event kesenian dan budaya di dalam maupun di luar negeri.

16 peserta Hiburan Rakyat

Untuk mengisi acara hiburan rakyat tersebut, ada 16 peserta yang menghibur masyarakat, antara lain SMKN 1 Bangkinang Kota, SMAN 1 Bangkinang Kota, SMAN 2 Bangkinang Kota, SMAN 1 Salo, SMAN 1 Bangkinang, SMAN 1 Kampar Timur, SMK PGRI Salo, SMKN 1 Kuok, SMAN 1 Kuok, SMAN 1 Kampar, SMAN 2 Kampar, Sanggar Classic Gong Junior, Sanggar Lawik Ombun Art Community Kecamatan Kuok, Sanggar Hitam Putih, Gong Kontemporer, serta artis-artis Kabupaten Kampar.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan tari daerah, musik daerah, theather daerah, lagu daerah dan lawak dengan tema ciptakan karya-karya budaya kesenian rakyat anak negeri yang handal menyongsong Kampar sejahter zero kemiskinan, pengangguran dan rumah-rumah kumuh melalui Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) sejahtera dunia akhirat.   

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Kampar
Suasana Sidang Paripurna Istimewa Dalam Rangka
Hari Jadi Kabupaten Kampar Ke 66 Tahun
Ketua Pelaksana Drs Zainal Abidin MPd saat berada dilokasi mengatakan hiburan rakyat tahun 2016 ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari terhitung tanggal 4 s/d 5 Februari 2016 di mulai jam 20.00 sampai 23.30 WIB. Dalam kegiatan ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar menggandeng Ikatan Pelajar Mahasiswa Kampar Sumatera Barat (IPMK-SB) sehingga nantinya pelajar dan mahasiswa juga dapat memberikan partisipasinya. IPMK-SB membuat berbagai ajang prestasi festival bagi pelajar dan generasi muda yang kreatif untuk unjuk kebolehan baik itu tarian kreasi daerah, lomba poster, musik, cerpen, photographer kontes serta lainnya.

Ditambahkannya, tujuan dilaksanakan hiburan rakyat ini adalah menampilkan dan memperkenalkan lebih dekat lagi berbagai ragam budaya yang ada dikabupaten Kampar, wahana peningkatan apresiasi masyarakat terhadap daerah dan sebagai pembinaan generasi muda untuk mewariskan, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya.(kam02)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.