KAMPAR, BANGKINANG - Bupati Kampar Jefry Noer berharap kepada pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kampar masa Bhakti 2016-2021 yang baru di lantik agar dalam melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab amanah dan transparan. 

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Kampar
Demikian disampaikan oleh Bupati Kampar H. Jefry Noer saat memberikan pengarahan pada Pelantikan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kampar masa Bhakti 2016-2021 di Aula Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Kampar pada Senin, (28/3/16). 

Ditambahkan Bupati bahwa kepengurusan ini sangat dituntut untuk bekerja transparan, sehingga akan menimbulkan minat dan niat untuk mengeluarkan zakatnya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kampar ini. 

“Harapan kedepan jadikan jabatan ini sebagai amanah bukan rahmat, karena tugas ini adalah amanah yang jauh lebih berat dari kepala SKPD, dengan keterbatasan dana sedangkan di Baznas mengelola dana dari masyarakat, dalam realita di lapangan meminta zakat kepada para aghniya (orang kaya) adalah tugas yang paling berat. 

"Oleh karena itu kerja keras seluruh pengurus dan berkoordinasi dengan instansi terkait dapat diberikan pemahaman agar wajib zakat tak perlu lagi diminta, dengan telah memahami tentang pentingnya mengeluarkan zakat ini masyarakat malah akan berlomba-lomba dalam mengeluarkan zakat-nya,"jelasnya. 

Ditambahkannya untuk saat ini yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya mengeluarkan zakat. 

"Sebab selama ini ada keraguan terhadap penyaluran zakat di Kabuaten Kampar ini. Oleh sebab itu kita jawab keraguan dari masyarakat dengan bekerja keras dan bersungguh dan transparan sehingga apa yang dilakukan oleh pengurus dapat dukungan dari masyarakat terutama,"tegasnya. 

Dikatakannya bahwa begitu pentingnya mengeluarkan zakat ini bila dibandingkan dengan apa yang telah kita lakukan selama ini seperti begitu rajin dan rutinnya kita mengeluarkan Pajak penghasilan (PPn) setiap tahunnya semenrtara untuk zakat kita ogah mengeluarkannya. 

“PPn aja kita bayar setiap tahunnya apalagi Zakat yang di minta pertanggung jawaban di hadapan Allah SWT di Akhirat kelak,"kata Jefry Noer. 

Seperti kita ketahui bahwa Zakat ini merupakan bagian harta jika sudah sampai nisabnya yang wajib kita keluarkan kepada 8 asnab (yang berhak menerima zakat), oleh karena itu dengan berjalannya zakat ini secara rutin akan dapat pengurangi kemiskinan, oleh sebab itu Penyaluran Zakat ini yang terbaik adalah kepada yang bersiafat produktif, sehingga nanti kemiskinan dapat berkurang dengan sendirinya. 

Diakhir arahan Jefry Noer meminta kepada Baznas Kabupaten Kampar untuk melakukan koordinasi dengan kantor Kementerian Agama Kampar dan instansi terkait dalam pengumpulan dan pendistribusian dan pendayagunaan Zakat, Melaporkan dan mempertanggung jawabkan pengolaan Zakat, infak dan shadaqah serta dana sosial keagamaan lainnya kepada Baznas dan Bupati Kampar setiap 6 bulan dan akhir tahun. 

Sementara itu Kepala Baznas Provinsi Riau H Auni M Nur dalam arahannya menyampaikan ucapan terima kasih atas dilantiknya Baznas Kabupaten Kampar maka dengan demikian pengelolaan zakat di Kabupaten Kampar hendaknya dapat dioptimalkan. 

“Diharapkan kepada pengurus Baznas Kab. Kampar dapat melakukan kerja sama yang baik dengan Pemkab Kampar dan Kemenag Kampar dan instansi terkait untuk selalu berkoordinasi dalam pelayanan, pengelolaan dan penyaluran Zakat di Kabupaten Kampar,"jelasnya. 

Pada kesempatan tersebut Dilantik sesuai dengan SK nomor 451.1/KS/113 tentang pengangkatan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kampar masa bhakti 2016-2021 tersebut selaku ketua IR. H Basri Rasyid, dan empat orang wakil Ketua yakni Abazua Anwar, Ahmad Fauzi,H. Bakri Ahmad dan Djajusman. 

Pelantikan ini juga dihadiri Baznas Provinsi Riau H Auni M Nur Kepala Kantor Kementerian agama Kabupaten Kampar Fairus MA Forkopimda Kabupaten Kampar, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Kampar dan Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Kampar, Camat se Kabupaten Kampar dan undangan.(kam03)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.