BERITA RIAU, KAMPAR - Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di seluruh Indonesia mulai hari ini tanggal 8 hingga 15 Maret 2016, begitu juga untuk Tingkat Kabupaten Kampar yang dibuka oleh Bupati Kampar H Jefry Noer. 

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Kampar
Kegiatan ini juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kampar, kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, Ketua TP PKK Kabupaten Kampar sekaligus anggota DPRD Provinsi Riau, Camat se-Kabupaten Kampar, Kepala Puskesmas serta masyarakat dilapangan Merdeka Bangkinang Kota. 

Bupati Kampar saat membacakan Pidato Presiden RI Joko Widodo mengatakan Program Imunisasi merupakan salah satu program kesehatan yang paling efektif dan utama dalam pengendalian penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi atau PD3I yang mencakup 5 juta orang bayi di seluruh Indonesia.

"Pencapaian target program imunisasi memerlukan dukungan para paakar dari berbagai disiplin ilmu termasuk dokter spesialis, ahli kesehatan masyarakat dan ahli hukum serta wakil-wakil dari jajaran lintas sektor serta organisasi profesi bidang kesehatan,"terangnya. 

Dijelaskanya bahwa Indonesian telah berhasil mendapatkan sertifikasi bebas polio bersama Negara-negara 

South East Asio Region (SEARO) lainnya pada bulan Maret 2014, akan tetapi masih ada 2(dua) Negara yaitu Afganistan dan Pakistan yang masih endemis polio. Untuk menyikapi hal ini, dibutuhkan komitmen seluruh Negara-negara di dunia untuk bersama-sama melakukan upaya pelaksanaan tahapan kegiatan menuju dunia bebas polio pada tahun 2020. 

Jika hal ini dapat kita wujudkan, maka ini adalah sebuah prestasi besar kedua yang dicapai masyarakat dunia kesehatan setelah pembasmian atau Eradikasi Cacar atau Variolla tahun 1974. 

“Hari ini kita akan melaksanakan pencanangan sebagai tanda dimulainya Pekan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional Polio yang dilaksanakan secara serentak dari 8 hingga 15 Maret 2016 disleuruh tanah air, kecuali DI Yogyakarta, sasaran kegiatan ini adalah anak usia 0-59 bulan (balita) yang merupakan kelompok paling rentan untuk tertular penyakit polio”.ucap Jefry 

Kegiatan ini sangat penting dilakukan sebagai upaya mitigasi dalam memberikan perlindungan optimal dari penyakit polio di Indonesia, dan hal yang tidak kalah pentingnya adalah untuk selalu mempertahankan cakupan imunisasi polio di atas 95 persen. 

Jefry juga membacakan himbauan Presiden, agar semua pihak dapat melakukan upaya dan memberikan dukungan bagi kesuksesan PIN polio ini agar semua balita Indonesia di sekuruh Tanah Air di bawa ke Pos PIN yang terdekat untuk memperoleh tetesan vaksin polio. 

“Dengan imunisasi polio kita ciptakan generasi yang lebih sehat dan berkualitas, yang bebas dari cacat tubuh karena polio”.tegasnya 

Pekan Imunisasi Nasional ini juga merupakan bagian dari perjuangan besar seluruh umta manusia untuk memerangi penyakit dan virus Polio. 

Bupati Kampar didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kampar serta Forkopimda pada acara tersebut juga menyerahkan hadiah lomba Penyuluan kader terbaik dan balita sehat se Kabupaten Kampar serta memberikan Imunisasi kepada anak-anak balita dan mengunting pita balon pertanda dibukanya secara resmi PIN tahun 2016.(kam03)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.