KAMPAR, BANGKINANG - Pemerintahan Kabupaten Kampar melalui Dinas PUPR Kabupaten Kampar Indra Pomi berkeinginan menjadikan Kabupaten Kampar pusat pengembangan kawasan industri sebagai salah satu solusi dalam menggali potensi dalam mendapatkan tambahan pendapatan asli daerah guna menwujudkan kabupaten Kampar sebagai kabupaten percontohan di Provinsi  Riau baik di bidang pembangunan, ekonomi, kesejahteraan masyarakat dan moral.

Menurutnya, 'sangat banyak faktor yang mendorong bisa mewujudkan itu semua baik dari bentuk alam, kondisi  geografis, serta peran serta masyakatnya yang antusias. Tentu ini semua memjadi pendorong serta pendukung dalam mmwujudkan itu semua', Ujar Indra Pomi.

Ditambahkan, Indra Pomi, 'kawasan industri dipercaya mampu mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten kampar  yang tahun ini ditargetkan mencapai Rp 5 Triliun. 

Dan konsep kawasan industri yang akan kita lakukan di Kampar berbeda dan lebih luas dari konsep kawasan industri yang sudah dikenal oleh masyarakat kampar selama ini. Kota industri merupakan konsep kota yang mengintegrasikan kawasan industri, hunian dan komersial dengan konsentrasi kegiatan penduduk yang tinggi dengan konektivitas yang baik dengan daerah-daerah sekitarnya'.

Perlu kita ketahui, tujuan pembangunan kawasan industri secara tegas dapat di simak di dalam Kepres No. 41 Tahun 1996 Tentang Kawasan Industri, pada pasal 2 yang menyatakan ”Pembangunan kawasan industri bertujuan untuk :
  1. mempercepat pertumbuhan industri di daerah;
  2. memberikan kemudahan bagi kegiatan industri;
  3. mendorong kegiatan industri untuk berlokasi di kawasan industri;
  4. meningkatkan upaya pembangunan industri yang berwawasan lingkungan.
Tujuan utama pembangunan dan pengusahaan kawasan industri (industrial estate) adalah untuk memberikan kemudahan bagi para investor sektor industri untuk memperoleh lahan industri dalam melakukan pembangunan industri. Pembangunan kawasan industri dimaksudkan sebagai sarana upaya pemerintah untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik melalui penyediaan lokasi industri yang telah siap pakai yang didukung oleh fasilitas dan prasarana yang lengkap dan berorientasi pada kemudahan untuk mengatasi masalah pengelolaan dampak lingkungan yang ditimbulkan kawasan perindustrian ditujukan untuk pembangunan industri di daerah guna mempertinggi

Oleh sebab itu, pengembangan kawasan perindustrian terutama dimaksudkan untuk memberikan lebih banyak perangsang kepada para penanam modal. Langkah tersebut akan mengurangi masalah mereka untuk menciptakan atau mendapatkan tempat bangunan, dan dapat mengurangi biaya yang diperlukan utuk mendirikan industrinya karena bangunan perusahaan dapat disewa atau di beli dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Kawasan perindustrian dapat menimbulkan pula berbagai jenis external aconomies kepada industri-industri tersebut. Dengan demikian adanya pertumbuhan industri dalam kawasan industri dapat mempertinggi efisiensi kegiatan industri tersebut.

Badan Pusat Statistik  mencatat, tingkat kesejahteraan masyarakat kabupaten kampar  sampai saat ini masih timpang tindih kerana masih sedikit nya namanya kawasan industri atau lokasi industri. 

"Semoga nanti  dengan keberadaan investasi yang besar dapat mendorong pembangunan secara masif sehingga memberikan keuntungan lain. Berbagai keuntungan itu adalah peningkatan nilai objek jual beli pajak dan tanah, pertumbuhan pusat perekonomian, pendirian pabrik, kemunculan pusat perdagangan, serta pasar sehingga masyarakat akan tetap berada di daerah tanpa harus mencari lapangan pekerjaan di luar daerah", ungkapnya lagi.

Untuk mengembangkan kawasan industri yang terintegrasi, kata dia, diperlukan investasi yang besar baik dari investasi dalam negeri ataupun luar negeri terutama saat membangun infrastruktur dan menarik anchor investors untuk masuk. Manfaat dari investasi tersebut akan menghasilkan pendapatan yang bisa digunakan dalam membangun daerah itu sendiri.

“Kami sudah membuat jalan-jalan untuk membuka daerah-daerah baru yang dapat digunakan sebagai daerah tujuan investasi perumahan, industri, dan lain sebagainya", tutupnya. (kim)
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.